Tidak Pernah Klaim, CIGNA Kembalikan Uang Anda

Berbicara tentang asuransi kesehatan, tentunya sebagai pengguna Anda harus mengetahui dan memperhatikan sistem pembayaran dan tata cara klaim dana asuransi. Dengan tidak mengesampingkan keuntungan yang akan didapatkan. Dalam hal ini,, asuransi kesehatan yang akan sedang dibicarakan adalah Asuransi Cigna. Perusahaan Asuransi Cigna merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menuai cukup banyak pro-kontra. Hal ini juga menimbulkan pertanyaan dari masyarakat, apakah perusahaan asuransi Cigna penipuan  ?

Logo Asuransi Kesehatan Cigna

Nama perusahaan asuransi Cigna, memang tidak terlalu sering didengar oleh masyrakat Indonesia, karena perusahaan ini berakar di pasar Amerika Serikat, beroperasi di 30 negara dan memiliki sekitar 90 juta nasabah di seluruh dunia. Perusahaan ini telah berulang kali menerima penghargaan, sebut saja seperti Cell Center Award, The Best Practices Life Insurance, dan telah dua kali mendapatkan penghargaan Platinum Award dari majalan Infobank. Selama sebelas tahun pula, sejak tahun 2010, perusahaan Cigna meraih predikat sangat bagus di antara jajaran perusahaan asuransi yang lain.

Inovasi yang ditawarkan oleh perusahaan Cigna sendiri selalu memiliki daya tarik bagi masyrakat untuk ikut menjadi pengguna layanan jasa proteksi ini. Seperti halnya pada akhir tahun 2018 lalu, perusahaan Cigna Indonesia meluncurkan program asuransi baru, yakni Cigna Exlusive Protection Plus. Program ini merupakan program pengembangan dari program sebelumnya yaitu Cigna Exlusive Protection. Produk ini diklaim bahwa akan memberikan dana asuransi sampai dengan 20 milyar rupiah, serta pengembalian premi sebesar 160 persen dalam jangka waktu 15 tahun bagi nasabah yang mengalami kecelakaan. Selain itu, inovasi lain yang ditawarkan oleh perusahaan Cigna memiliki keragaman tersendiri, dimulai dari manfaat proteksi apabila terjadi resiko pada nasabah, manfaat premi kembali apabila tidak terjadi resiko, sampai dengan kesempatan nonton gratis sebagai manfaat bulanan.

Perusahaan Cigna menggunakan sistem autodebet pada pengguna kartu kredit untuk memudahkan para pemilik kartu kredit dalam melakukan pembayaran premi asuransi. Selain sistem autodebet, pembayaran premi asuransi di perusahaan Cigna dapat dilakukan melalui mini market, pegadaian, dan kartu pos. Cara pembayaran lain yang dapat dilakukan adalah pembayaran melalui sms banking atau internet serta mobile banking. Sistem-sistem ini tentunya memudahkan para pengguna asuransi Cigna untuk melakukan pembayaran premi.

Untuk melakukan klaim asuransi di perusahaan Cigna, Anda harus memastikan bahwa polis asuransi yang Anda miliki dalam status aktif, melengkapi formulir dan dokumen yang diperlukan, dan juga memastikan bahwa Anda mengajukan klaim dana sebelum 30 hari setelah kejadian. Sebagai nasabah, untuk mengajukan klaim dana secara regular, kita bisa langsung mendatangi kantor pusat maupun kantor cabang perusahaan Cigna.Customer Service akan melakukan pengecekan, dan kemudian akan dihubungi melalui sms. Setelah itu, untuk pelayanan yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan pelayanan speedy claim yang hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Meskipun banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh nasabah asuransi Cigna, namun dana asuransi itu sebenarnya tidak akan diterima jika kita tidak mengalami kecelakaan, sakit, atau meninggal dunia. Lalu, bagaimana jika Anda tidak pernah melakukan klaim dana? Apakah dana yang telah kita bayarkan akan hangus begitu saja? Jawabannya adalah tidak. Perusahaan Cigna tetap akan mengembalikan uang Anda walaupun anda tidak pernah melakukan klaim dana asuransi anda atau yang biasa disebut dengan no claim bonus.

Sebenarnya untuk aturan pengembalian uang ini, tergantung pada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki aturan no claim bonus, meskipun yang cair hanyalah sekian persen dari premi nasabah yang disetorkan.

Jika anda bertanya-tanya mengapa dana yang kembali tidak memiliki jumlah yang sama dengan yang anda setorkan, jawabannya adalah karena perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang menyediakan jasa proteksi, bukan investasi. Untuk perusahaan asuransi Cigna, program pengembalian uang nasabah ada pada jenis asuransi kecelakaan, yakni Cigna Executive Protection. Jenis asuransi ini memberlakukan no claim bonus dengan syarat yakni nasabah tidak melakukan pengajuan klaim dana asuransi selama 2 tahun terakhir. Perusahaan Cigna akan mengembalikan uang sebesar 25% dari jumlah premi yang dibayarkan.