Ulasan Lengkap Mengenai Sejarah Kerajaan Kutai

Belajar mengenai sejarah tentu saja penting sekali bagi kita. Termasuk dengan mengenal sejarah Kerajaan Kutai yang menjadi salah satu kerajaan besar di Indonesia. Kerajaan Kutai ini di didirikan pada abad ke 5 Masehi. Dimana saat itu di temukan sebuah prasasti batu dengan tulisan huruf pallawa bahlan juga menggunakan bahasa Sansekerta. Sementara itu pada abad XIII di Muara Sungai Mahakam telah berdiri sebuah kerajaan yang bercorak Hindu Jawa yakni Kerajaan Kutai Kertanegara.

Menurut sejarah kerajaan Kutai, pendiri dari kerajaan tersebut adalah Aswawarman. Dimana beliau ini sudah memperoleh sebuah gelar Wangsakerta yang diartikan sebagai pembetul keluarga raja. Raja Aswawarman memperoleh sebutan yang menarik yakni Dewa Ansuman dengan arti Dewa Matahari. Tentu saja gelar yang sudah diberikan ini berada pada stupa peninggalan dari Kerajaan Kutai. Namun sayang ada beberapa cerita yang menyebut jika pendiri Kerajaan Kutai ini bernama Kudungga.

Masa Kejayaan Dari Sejarah Kerajaan Kutai

Berkat ditemukannya sebuah prasasti atau sering di sebut dengan yupa yang berada di Muara Kaman ini menjadi bukti adanya kehidupan dari Kerajaan Kutai. Dimana kerajaan tersebut memang sudah sejahtera dan juga makmur. Kejayaan dari Kerajaan Kutai ini sayangnya harus meredup ketika kerajaan berada di bawah pimpinan raja bernama Dinasti Kudungga.

Hal seperti ini bisa terjadi saat kerajaan Singosari dan juga Majapahit berada dalam masa kegemilangan. Kerajaan Kutai dengan raja bernama Kudungga ini sudah tidak terdengar lagi kabar kehidupannya. Kabarnya Kudungga ini memang berasal dari sebuah Kerajaan Campa yang ada di Kamboja.

Aswawarman ini ternyata anak Kudungga dan sudah dipercaya menjadi seorang raja pertama yang ada pada Kerajaan Kutai. Tetapi sayangnya dalam catatan sejarah banyak anggapan jika Kudungga raja pertama dari kerajaan tersebut. Setelah Raja Aswawarman ini akhirnya kepemimpinan dari Kerajaan ini jatuh ke tangan Raja Mulawarman. Raja yang satu ini merupakan anak dari Raja yang bernama Aswawarman. Dalam masa pemerintahan seorang raja bernama Raja Mulawarman ini Kerajaan Kutai mampu mencapai masa kejayaannya.

Hal seperti ini bisa terjadi berkat adanya sebuah kebijakan maupun perhatian dalam berbagai hal yang sifatnya religious. Raja Mulawarman bahkan memberikan hadiah menarik untuk semua Brahmana berupa ternak, emas bahkan adapula tanah. Tak hanya itu saja ternyata beliau ini juga pernah mengadakan sebuah upacara sedekah tentunya berada di tempat yang menurutnya suci.

Pada saat masa pemerintahan seorang Raja bernama Mulawarman ini, semua rakyat juga menghormatinya sebagai raja. Dimana masyarakat mengadakan sebuah kenduri demi keselamatan rajanya. Hal inilah yang menjadi salah satu bukti kebesaran dari seorang raja bernama Mulawarman.

Dari sedikit ulasan mengenai sejarah Kerajaan Kutai ini semoga saja mampu menambah pengetahuan sejarah yang anda miliki saat ini, selengkapnya https://kalimat.id.