Mengapa Freon Dapat Merusak Lingkungan ?

Freon dianggap sebagai biang untuk kerusakan lingkunagan. Seperti kerusakan dalam hal lapisan terluar bumi yang meindungi tubuh untuk menciptakan freon dengan kualitas yang lebih unggul. Bahkan tidak dapat dipungkiri bahwa untuk merk kulkas terbaik 2019 yang menggunakan refrigeran berupa freon. Freon yang digunakan di pasaran merupakan jenis freon yang memang dapat merusak lingkungan hidup. Penggunaan freon secara berlebihan tentu saja membuat laposan ozon bumi menjadi menipis. Jika sudahh demikian potensi untuk terjadinya pemanasan global menjadi terbuka lebar. Produsen yang akan datang, harus berusaha untuk menjaga dan membuat produk dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Freon Dapat Merusak Lingkungan

Prosedur penggunaan freon yang baik dan benar serta bagaimana membuat freon pada kulkas maupun ac tidak dapat penghargaan sedikitpun. Oleh karenanya akan lebih baik jika mengetahui prosedur freon dapat merusak lapisan ozon bumi.

• Freon terdiri dari molekul karbon dan juga molekul clorin. Terlepasnya carbon dari freon memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitar. Ketika digunakan cairan freon ini akan berubah strukturnya. Senyawa karbon yang ada di dalam freon akan terlepas ke udara. Terlepasnya senyawa karbon dari freon sendiri akan membuat reaksi antara senyawa karbon dengan ozon yang ada di atmosfer. Reaksi antara carbon dan senyawa oxygen itulah yang membuat lapisna ozon menjadi lebih tipis.

• Molekul karbon saat terlepas dari freon memiliki sifat yang sangat reaktif. Reaktifnya molekul carbon dalam freon membuar molekul karbon sendiri dapat merusak lingkungan. Carbon akan bereaksi dengan molekul oksigen yang membentuk carbon monoksida. Sedangkan ozon berubah menjadi oksigen biasa. Ketika ozon berubah menjadi oksigen biasa maka tidak heran jikalapisan ozon semakin lama akan menipis. Selain itu carbon monoksida yang merupakan hasil sampingan dari penggunaan freon memiliki sifat yang sangat beracun untuk tubuh manusia. Gas carbon monoksida yang ada di lingkungan bebas akan membuat ozon menjadi lebih tipis serta jumlahnya berkurang. Itulah sebabnya freon dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama dalam hal penipisan lapisan ozon dan terbentuknya gas beracun.

• Karbon monoksida yang terbentuk tersebut kemudian akan menarik kembali satu molekul oksigen dari lapisan ozon kemudian membentuk carbon dioksida. Terbentuknya carbon dioksida inilah yang membuat lingkungan menjadi semakin panas. Berkurangnya molekul oksigen dari ozon membuat lapisan ozon menjadi semakin tipis dan tidak bisa melindungi bumi dari bahaya sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. Sedangkan karbon dioksida itu sendiri memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Yakni carbon dioksida menjadi salah satu senyawa yang cukup beracun bagi paru-paru. Karbon dioksida di udara menjadi senyawa yang cukup beracun untuk kesehatan manusia. Semakin banyak karbon dioksida semakin tinggi pula tingkat polusi udara yang ada di lingkungan sekitar.

• Terbentuknya karbon dioksida dalam porsi yang cukup besar memberikan dampak untuk proses pemanasan global yang kemungkinan besar membuat bumi menjadi tidak lagi bersahabat. Proses pemanasan global akibat dari terbentuknya karbon dioksida di udara tentunya membuat es menjadi mencair. Jika hal itu terjadi bumi menjadi semakin panas. Akibat pemanasan yang terus-menerus terjadi akibatnya adalah bumi menjadi tidak terllindungi dengan baik dari radiasi sinar ultraviolet yang berasal dari cahaya matahari. Cahaya matahari semakin lama akan terasa semakin panas bagi bumi.

Pemanasan global yang mungkin terjadi ketika menggunakan freon sebagai media untuk pendingin secara kurang bijaksana tentu saja membuat lingkungan sekitar menjadi merasakan dampaknya secara luas. Oleh karenanya, sebagai umat manusia yang mulai memiliki kesadaran tentang lingkungan hidup, akan lebih baik dan lebih bijaksana lagi jika memilih jenis freon yang lebih bersahabat dengan lingkungan. Dampak pemanasan global yang akan terjadi tersebut membuat lapisan atmosfer bumi menjadi semakin lama semakin tipis. Banyak penyakit yang nantinya akan timbul jika manusia tidak bijaksana dalam memilih serta menggunakan freon. Bahaya penyakit kulit akibat papran sinar ultraviolet dalam dosis tinggi inilah yang membuat manusia harus lebih bijaksana dalam memilih freon sebagai cairan pendingin udara dalam jangka panjang.