Cara Merawat Sepatu Bola yang Tepat agar Awet

Apa Anda sering berhadapan dengan sepatu yang cepat rusak? Kalau iya, bisa jadi selama ini Anda memang tidak merawat sepatunya dengan benar. Hal ini juga berlaku untuk sepatu bola, lo! Agar sepatu bolanya awet, Anda harus menerapkan cara merawat sepatu bola yang tepat. Ini dia yang bisa Anda lakukan!

Cara Merawat Sepatu Bola

1. Bersihkan dengan Lembut
Cara merawat pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara lembut. Sangat umum kalau sepatu bola cepat kotor karena terkena lumpur atau debu ketika digunakan pada lapangan basah. Setelah Anda menggunakannya, bersihkan sepatu lebih dulu dari lumpur atau tanah yang melekat dengan sikat gigi atau kain yang lembut.

Tidak disarankan menggunakan sikat kain atau sikat lain yang bulunya kasar. Sebab, itu bisa merusak bahan sepatu Anda. Cara membersihkannya pun mudah saja. Anda hanya perlu menyikat sepatu searah dan kurangi gesekan pada sepatu dan jangan menggosoknya terlalu keras.

2. Gunakan Sabun Bayi
Jika sepatu Anda sangat kotor dan perlu dicuci, ada baiknya Anda tak menggunakan deterjen atau sabun biasa. Gunakanlah sabun yang bahan dasarnya aman. Lebih disarankan untuk menggunakan sabun bayi saja karena kandungannya yang lembut. Anda juga harus ingat, sepatunya tak boleh direndam dalam air.

Selain itu, cara merawat sepatu bola yang kotor ini adalah Anda harus segera mencucinya setelah dipakai. Jangan dibiarkan terlalu lama karena kotorannya akan makin menempel. Kalau sudah begini, tak akan mudah membersihkannya. Anda juga tak boleh mencucinya dengan mesin cuci, ya! Sebab, ini akan merusak sepatu Anda.

3. Hindari Cahaya Matahari Langsung
Setelah dicuci, apa yang harus Anda lakukan? Hal yang harus dilakukan setelah sepatu olahraga dicuci adalah dengan tidak mengeringkannya dengan menggunakan cahaya matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja di tempat yang sejuk. Kalau mau lebih cepat, Anda bisa mengeringkannya menggunakan bantuan kipas angin.

Setel kipas angin dengan kecepatan maksimal dan ini bisa membuat sepatu lebih cepat kering. Selain dengan diangin-anginkan, cara merawat sepatu bola setelah dicuci bisa dilakukan dengan menggunakan lap kain lembut yang mudah menyerap air saja. Misalnya saja, Anda bisa mengelapnya menggunakan handuk.

4. Gunakan Kaos Kaki Ketika Menggunakannya
Hal ini cukup penting. Kaos kaki bisa membantu menyerap keringat di kaki Anda sehingga kaki Anda lebih nyaman ketika memakainya. Namun, sebenarnya menggunakan kaos kaki ketika menggunakannya juga termasuk cara merawat sepatu bola, lo! Pasalnya, Anda mencegah keringat menyentuh sepatu secara langsung.

Kenapa hal ini termasuk perawatan sepatu? Sebab, kalau Anda tak melakukannya, bau dan jamur akan mudah muncul di sepatu Anda. Jamur dan bau ini muncul akibat keringat yang menempel di sepatu dan ini menyebabkannya cepat rapuh dan rusak.

5. Hindari Permukaan yang Keras Terlalu Sering
Ketika bermain sepakbola, Anda memang tak bisa memprediksi seperti apa jalannya. Bisa saja nanti Anda akan beradu dengan permukaan keras berkali-kali, kan? Namun, sebisa mungkin, berhati-hatilah. Jangan menyenggol benda atau medan yang memiliki permukaan terlalu keras terlalu sering.

Sepatu olahraga yang terlalu sering terkena permukaan yang keras dan kasar bisa membuatnya cepat rusak. Akan sangat disayangkan kalau sepatu Anda cepat rusak hanya karena ini, kan? Oleh sebab itu, ada baiknya hindarkan permainan sepakbola di medan yang kasar.

6. Simpan di Tempat Sejuk
Bagaimana penyimpanan sepatu olahraga bila tak dipakai? Untuk cara perawatan ini, Anda bisa menyimpannya di tempat yang sejuk. Jangan menyimpannya di tempat sembarangan karena bisa merusak sepatu Anda.

Selain simpan di tempat yang sejuk, pastikan pencahayaan di tempat penyimpanan yang memiliki pencahayaan yang baik. Kalau perlu, pencahayaan dari matahari tapi bukan sinar langsung. Cahaya matahari diperlukan untuk menghindari kelembapan terjadi dalam sepatu olahraga Anda.

Itulah cara merawat sepatu bola yang bisa Anda terapkan di rumah. Tak terlalu susah, kan? Kalau Anda melakukannya dengan benar, sepatu sepakbola Anda bisa bertahan lebih lama. Selain itu, ada baiknya Anda memiliki lebih dari satu buah sepatu, ya! Memiliki cadangan sepatu ini perlu terlebih kalau Anda sering melakukan pertandingan!