Bahan Alami untuk Mengatasi Impetigo pada Anak

Impetigo atau kulit melepuh pada anak harus segera diobati. Jika tidak, maka penyakit yang lebih buruk bisa terjadi. Untuk mengobatinya, sebaiknya Anda langsung mengonsultasikan ke dokter spesialis kulit. Akan tetapi, bahan-bahan alami berikut ini juga bisa menyembuhkan impetigo pada skala yang ringan. Selain mudah didapat, bahan ini juga tidak terlalu mahal.

Mengatasi Impetigo pada Anak

Bahan-Bahan Alami untuk Mengobati Impetigo

  1. Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi obat impetigo yang pertama. Bumbu dapur yang mudah ditemui ini memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba yang mampu melawan bakteri penyebab impetigo, yakni Staphylococcus dan Streptococcus. Untuk menggunakannya, potong beberapa bawang putih menjadi bagian kecil dan tempelkan pada luka impetigo.

Sebagai catatan, cara ini tidak direkomendasikan digunakan pada anak-anak dengan usia sangat kecil. Hal ini dikarenakan kulit mereka masih sangat rentan dan dapat menyebabkan iritasi.

  1. Jahe

Selanjutnya, jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi impetigo. Seperti halnya bawang putih, jahe juga tidak terlalu sulit untuk dicari. Jahe dapat digunakan sebagai obat impetigo karena memiliki sifat anti mikroba yang dapat membasmi bakteri penyebab impetigo. Untuk menggunakannya, potong-potong jahe menjadi kecil-kecil dan tempelkan pada daerah luka.

  1. Kunyit

Rempah yang sering digunakan sebagai bahan membuat jamu ini bisa digunakan untuk mengobati impetigo. Sifat anti mikroba dan anti radang yang dimilikinya bisa melawan bakteri penyebab impetigo. Bahkan, ada beberapa yang menilai kunyit lebih ampuh digunakan sebagai obat impetigo dari bahan yang lainnya.

Untuk menggunakannya, potong atau parut kunyit menjadi bagian kecil. Kemudian tempelkan ke daerah yang terkena impetigo.

  1. Lidah buaya

Mungkin terdengar aneh karena lidah buaya lebih sering digunakan untuk kesehatan rambut. Namun, jangan salah. Tumbuhan yang satu ini juga bisa mengobati impetigo karena bisa melawan bakteri penyebab impetigo. Penelitian mengenai manfaat tanaman ini untuk impetigo telah dilakukan pada tahun 2015.

Untuk mengaplikasikannya, oleskan cairan yang terdapat pada lidah buaya langsung pada bagian yang terkena impetigo. Selain dapat mengobati, rasa dingin yang dihasilkan dari gel lidah buaya dapat sedikit meredakan rasa sakit.

  1. Madu

Terakhir, madu terkenal dengan sejuta manfaatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal itu tidaklah salah karena madu juga bisa digunakan sebagai obat impetigo alami. Alasan kenapa madu bisa menjadi obat impetigo adalah karena sifat anti mikrobanya yang mampu membasmi bakteri penyebab impetigo.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada kulit yang terkena impetigo. Biarkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Itulah kelima bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati impetigo pada anak. Indonesia memiliki kekayaan tumbuh-tumbuhan sebagai obat. Oleh karena itu, kita harus memaksimalkannya. Hanya saja, akan lebih baik jika penggunaannya dikonsultasikan dahulu dengan dokter setempat.