Agar Gak Tambah Gendut Pasca Puasa Hindari 6 Kesalahan Ini

Puasa seharusnya jadi ajang mengurangi dosa-dosa, termasuk mengurangi berat badan sendiri. Meski begitu, buat sebagian orang, puasa bukannya bikin kurus malah makin gendut. Sebenarnya apa sih yang salah dari puasamu? Berikut kesalahan-kesalahan saat puasa yang perlu kamu hindari.

Gendut Pasca Puasa

Gendut Pasca Puasa

1. Terlalu banyak tidur, terutama setelah sahur
Saat puasa, mungkin kamu merasa lemas dan gak bertenaga. Namun, jangan jadikan alasan itu buat banyak tidur, terutama setelah sahur. Bisa-bisa malah bikin kamu tambah gendut lho! Buat menyiasatinya, kamu bisa sahur di akhir waktu. Habis itu, kamu bisa berangkat ke masjid buat salat Subuh. Terus kalau sore-sore kamu ngantuk, kamu bisa ngabuburit atau bantu-bantu di dapur.

2. Ngabuburit berburu takjil
Takjil atau kudapan berbuka jadi hal yang sering diburu, terutama saat menunggu waktu berbuka. Kadang karena rasa lapar, kamu jadi kalap membeli takjil kebanyakan. Walhasil, mau gak mau kamu habiskan karena mubazir. Hentikan kebiasaan berlebihan ini. Mendingan ngabuburitmu dihabiskan buat beribadah atau baca Alquran sembari menunggu berbuka puasa.

3. Terlalu banyak makan saat berbuka
Berbuka puasa jadi momen paling menyenangkan. Kamu bisa menikmati hasil ngabuburit berburu takjil atau masakanmu. Meski begitu, jangan kalap. Kamu perlu tahu jumlah kalori yang kamu butuhkan. Terlebih lagi pembakaran kalori saat malam hari tidak bisa maksimal.

4. Hayoo, pas puasa pasti ngincar gorengan kan?
Di mana pun kamu berada, gorengan sering jadi andalan buat berbuka puasa. Mau di rumah, kantor, atau di masjid, kamu bakal sering banget ketemu gorengan. Hati-hati, jangan sampai tergoda! Kamu tahu kan kolesterol dalam gorengan banyak banget. Karena itu, tetaplah ikuti anjuran untuk makan makanan manis saat berbuka.

5. Terlalu banyak makan manis
“Berbukalah dengan yang manis” jadi kata-kata yang sering kamu dengar saat berbuka puasa. Meski begitu, jangan jadikan itu alasan buat makan makanan manis berlebihan. Awas gendut! Lagipula, ternyata gak semua makanan manis baik lho buat berbuka. Adapun, salah satu contoh makanan manis terbaik buat berbuka adalah kurma. Itu karena glukosa dalam kurma cepat diserap oleh tubuh.

6. Menolak untuk olahraga
Jangan jadikan puasa sebagai alasan buat gak olahraga. Kan capek? Buat gerak saja sudah capek, ini kok olahraga. Buat mengakalinya, kamu bisa olahraga saat malam lho.

Setelah salat tarawih, kamu bisa lakukan olahraga ringan, seperti push-up, sit-up, atau angkat barbel. Bisa juga dengan jalan kaki, entah saat ngabuburit atau berangkat ke masjid. Dengan begitu berat badanmu akan berkurang, alih-alih gak tambah gendut.

Itu tadi hal-hal penting yang sering diabaikan saat puasa. Sering-seringlah minta diingatkan keluarga atau temanmu kalau kamu khilaf. Jadikan puasa sebagai ajang beribadah, syukur-syukur bikin badan jadi makin sehat ya!