Hati-hati! 4 Komponen Pada Mobil Ini Sering Bermasalah

Memiliki mobil pribadi tentu saja akan lebih leluasa. Anda bisa pergi kemana saja tanpa harus menunggu di halte bus atau stasiun kereta api. Oleh karena itu, mobil yang nyaman tentu saja diperlukan apalagi jika Anda sering bepergian jauh. Salah satu mobil yang banyak digunakan, yaitu mobil keluarga yang memiliki kapasitas cukup besar untuk menampung penumpang. Dengan begitu, harga Datsun GO+ terbaru saat ini banyak dicari.

Saat memiliki mobil, tentu saja Anda harus melakukan perawatan secara berkala, mengingat intensitas penggunaan mobil relatif lebih sering. Selain bodinya, Anda juga harus memperhatikan bagian dalamnya, seperti mesin, oli, dan rem, dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan perawatan ke bengkel resmi terdekat, seperti service mesin, ganti oli, ganti ban, dan lain sebagainya.

Komponen Pada Datsun Go+ Ini Sering Bermasalah

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mengetahui komponen-komponen mobil apa saja yang seringkali bermasalah. Hal ini dikarenakan agar Anda bisa menanganinya secara cepat dan tepat tanpa harus menunggu komponen tersebut rusak lebih parah. Selain itu, penanganan lebih awal akan meminimalisir biaya penggantian atau perbaikan komponen dibandingkan menunggunya hingga rusak yang memakan biaya tidak sedikit.

Komponen Mobil yang Sering Bermasalah

Oleh karena itu, simak beberapa komponen mobil yang sering bermasalah berikut ini.

1. Karburator

Komponen mobil pertama yang sering mengalami kerusakan, yaitu karburator. Komponen untuk menjalankan pembakaran yang satu ini memiliki berbagai bagian mesin pendukung lainnya. Jika komponen yang satu ini rusak, Anda tidak bisa menggunakan mobil sama sekali. Oleh karena itu, sebaiknya periksalah bagian ini secara berkala sebelum kerusakan terjadi.

2. Busi

Busi merupakan komponen mobil yang memiliki berbagai fungsi diantaranya sebagai cadangan aki, pembakar bensin, untuk menghidupkan mesin mobil, menjaga mesin mobil selalu stabil, dan menghasilkan listrik.  Oleh karena itu, periksalah busi mobil lama Anda secara berkala sebelum membeli mobil baru dan mengecek harga Datsun GO+.

3. Koil

Koil juga merupakan salah satu komponen mobil yang sering bermasalah. Koil merupakan komponen pengapian mesin mobil yang berperan untuk meningkatkan tegangan accumulator, mulai dari 12 volt sampai ribuan volt yang nantinya akan disalurkan ke bagian busi. Untuk mencegah kerusakan pada bagian ini, sebaiknya gantilah koil secara berkala dan pilihlah koil yang memiliki kualitas terbaik agar kinerja mesin lebih maksimal.

4. Distributor

Distributor merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk mengatur waktu pengapian yang tepat sesuai dengan kondisi kerja mesin, menyalurkan listrik tenaga tinggi yang dihasilkan oleh koil menuju busi, dan memutuskan serta menghubungkan arus listrik.

Komponen mobil akan melakukan pembakaran yang dipercikan oleh bagian busi. Itulah mengapa  busi mampu mengeluarkan api karena sistem pengapiannya bisa mengubah energy listrik menjadi percikan api. Sistem ini juga mendukung pembakaran pada mesin.

Jika distributor tidak berfungsi alias mati, tegangan yang dihasilkan koil tidak akan disalurkan ke busi, sehingga mobil Anda akan mengalami masalah yang cukup serius. Oleh karena itu, pastikan komponen yang satu ini dicek secara berkala agar resiko kerusakan bisa diminimalisir.

Itulah empat komponen mobil yang sering mengalami masalah. Dengan mengetahui komponen apa saja yang rentan bermasala, ini menjadi alarm bagi Anda untuk rajin melakukan servis. Namun jika Anda membutuhkan mobil baru, segera cek harga Datsun GO+. Mobil yang satu ini menjadi kendaraan primadona karena performanya yang tangguh bisa membuat Anda nyaman berkendara.