Apa Yang Dimaksud B2B Resmi Serta Apa Saja Kategorinya?

Beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia bisnis online semakin meningkat, terbukti dari banyaknya e-commerce hingga pedagang online yang bermunculan. Berbagai istilah baru hadir mewarnai dunia bisnis online, seperti dropship, cash on delivery (COD), restock hingga business to business (B2B). Istilah B2B mungkin masih jarang ada yang mengetahuinya, terlebih bagi yang awam. Untuk itulah, pada artikel ini akan saya bahas mengenai apa itu B2B Resmi serta apa saja usaha yang termasuk dalam kategori B2B. Mari simak ulasannya!

B2B Resmi

Skema B2B

1.       Pengertian B2B

Business to business atau yang juga dikenal dengan B2B merupakan sebuah kerjasama antara perusahaan dengan perusahaan lain. Biasanya, perusahaan yang memproduksi barang atau jasa akan bekerjasama dengan perusahaan lain yang fokus untuk memasarkan dan layanan produk sehingga cakupan konsumennya luas dan tidak terbatas hanya pada individual saja. Secara konsep, perusahaan B2B resmi bertugas untuk mendukung perusahaan lain untuk melakukan pemasaran, layanan, penyediaan barang dan pengembangan web sehingga antara satu perusahaan dengan perusahaan yang berada dalam kerjasama B2B dapat saling mendukung serta menghasilkan untung.

2.       Kategori B2B

Bagi mereka yang masih asing dengan sistem kerjasama B2B ini, mungkin agak sedikit membingungkan. Namun tidak bagi mereka yang memahami bagaimana kerja serta keuntungan dari B2B. Beberapa orang justru sangat tertarik untuk menjalankan usaha dengan menerapkan tipe bisnis B2B ini. Ada banyak bidang usaha yang sebenarnya bisa dijalankan dengan menerapkan kerjasama B2B resmi, diantaranya adalah:

·         Pengembangan Web

Perkembangan dunia digital saat ini yang relatif pesat, tidak ayal membuat banyak pelaku usaha seperti perusahaan besar hingga yang kecil sekalipun memanfaatkannya salah satunya yang banyak diminati adalah pengembangan website. Kini, perusahaan besar tidak lagi menggunakan cara konvensional yang notabene sudah ketinggalan jaman, namun telah beralih ke teknologi digital yang lebih canggih demi mempertahankan eksistensinya dalam dunia bisnis.

Oleh karenanya, pelaku usaha yang bergerak dalam dunia spesialisasi website seperti desain, database, SEO, pembuatan dan pengembangan web sangat laku keras. Salah satu perusahaan B2B yang cukup popular dalam bidang komputasi adalah International Business Machine (IBM).

·         Perangkat Lunak

Kategori ini bergerak dalam bidang pelayanan dan pengadaan perangkat lunak dengan tujuan aktivasi bisnis, mulai dari manajemen keuangan, proyek, pemasaran, invetaris dan lainnya. Beberapa jenis produk yang termasuk dalam perangkat lunak yang juga banyak dipakai saat ini adalah Dropbox, Hubspot, Salesforce dan Mint.

·         Pemasok Kebutuhan Usaha

Demi memenuhi kebutuhan pasokan berbagai barang kebutuhan usaha, pelaku bisnis rela bersusah payah bahkan hingga mengeluarkan biaya hanya untuk bisa mendapatkan akses ke situs yang menyediakan berbagai informasi mengenai pasokan kebutuhan suatu perusahaan atau industri. Nyatanya, kebutuhan akan informasi mengenai ketersediaan barang dan jasa guna mendukung kelancaran sebuah bisnis memang sangat diperlukan. Kemajuan dunia digital turut berperan dalam kemudahan hal ini.

3.      Perantara

Keberadaan situs e-procurement menjadi semacam wadah perantara untuk pemilik bisnis memantau dan mengakses barang-barang apa saja yang tersedia di pihak pemasok, misalnya bahan baku, produk setengah jadi dan lainnya. Pemilik bisnis tentu tidak perlu repot harus datang ke tempat langsung, cukup melakukan akses dari jarak jauh lewat perangkat digital, berbagai informasi terkait stok sudah bisa diketahui dengan cepat. Hal ini tentu menjadikan pelaku usaha lebih hemat waktu, biaya, praktis dan juga efisien.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *