5 Kuliner Malaysia yang Wajib Dicicip

Siapa yang masih meragukan kelezatan tak terkira dari beragam masakan Indonesia? Rendang saja pernah dinobatkan sebagai sajian terenak seantero bumi oleh salah satu majalah adiboga terkemuka di dunia. Entah direbus, digoreng, dikukus, dipanggang, atau dibakar, beragam bahan makanan akan menjelma jadi hidangan yang menggoyang lidah apabila diracik dan diramu dengan beragam bumbu dan tata cara memasak yang sudah diajarkan turun temurun oleh nenek moyang kita.

Namun, Malaysia—negara tetangga kita yang sama-sama berakar budaya Melayu—juga memiliki beragam sajian adiboga yang menggugah selera. Pokoknya, dalam hidup kamu yang hanya sekali ini, ada baiknya kamu menyesap dan mencicip beragam cita rasa yang ada di dunia. Nah, jika ada kesempatan berkunjung ke Malaysia, kami ada daftar ragam kuliner lezat yang enggak boleh terlewat, baiknya simak lekat-lekat.

Nasi Kerabu Malaysia

Nasi Kerabu Malaysia

  1. Nasi Kerabu

Nasi kerabu merupakan ikon kuliner khas Negeri Jiran yang selalu diburu oleh para wisatawan yang hendak berlibur ke sana. Hidangan satu ini terbilang unik. Pasalnya, nasi yang dihidangkan mempunyai warna asal kebiruan sehingga membuat banyak orang penasaran dengan rasanya. Warna biru tersebut bukan karena nasi sudah basi atau jamuran, tetapi dihasilkan oleh penggunaan kelopak bunga saat proses memasak. Nasi kerabu biasanya menjadi santapan utama bersama lauk pendamping seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, kerupuk, ayam bakar, dan berbagai jenis sayuran. Udah, buruan cari tiket Malaysia Airlines ke Kuala Lumpur, biar bisa nyobain kuliner unik satu ini!

  1. Nasi Lemak

Selama ini banyak orang mengira kalau nasi lemak adalah makanan khas Batam. Jika kita melipir ke Malaysia, kita akan mendapati sajian serupa dengan nama yang serupa pula. Nasi lemak sebenarnya bukan makanan khas daerah, melainkan makanan yang berasal dari etnis Melayu yang kini telah tersebar ke sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, nasi lemak juga dikenal sebagai makanan khas Malaysia. Sama dengan nasi lemak di Batam, nasi lemak asli Malaysia juga merujuk pada nasi yang dimasak bersama santan kelapa dan daun pandan sehingga menghasilkan tekstur basah berminyak pada nasi disertai aroma gurih yang menyeruak. Orang Malaysia biasa menyantap nasi lemak untuk sarapan. Nasi lemak bisa dihidangkan bersama telur, irisan timun, kacang panjang, kacang tanah, tahu, tempe, petai, ikan, kerang, udang, cumi-cumi, sotong, ayam, atau daging sapi.

  1. Nasi Kandar

Selain nasi kerabu dan nasi lemak yang menjadi ikon kuliner terkenal dari Malaysia, ada lagi nasi kandar yang tak boleh dilewatkan. Nasi kandar adalah hidangan nasi yang berasal dari pulau Pinang. Dari cara penyajiannya terdapat kesamaan antara nasi kandar dengan nasi lemak, nasi kerabu, atau sajian nasi pada umumnya. Nasi biasa disajikan bersama daging ayam, udang, dan kerupuk emping. Sementara untuk perbedaan yang terdapat pada makanan khas Malaysia ini terletak pada bumbu kari yang ditambahkan. Penggunaan kari pada hidangan ini merupakan pengenalan asal makanan ini yang dahulu dibuat pertama kali oleh para pendatang dari India dan Tamil.

  1. Bak Kut Teh

Banyak makanan khas Malaysia yang merupakan adaptasi makanan peranakan Tionghoa, seperti bak kut teh yang juga bisa ditemui di Indonesia, seperti di Kepulauan Riau. Bak kut teh adalah makanan sejenis sup yang menghidangkan tulang iga babi yang diberi tambahan rempah-rempah untuk kuahnya. Bak kut teh mempunyai banyak versi, ada yang kuahnya bening, kuahnya asam, dan kuahnya gelap. Menurut berbagai sumber, bak kut teh dahulu menjadi panganan para kuli kasar. Bahan yang diolah untuk membuat bak kut teh diambil dari sisa penjualan daging sehingga harganya terjangkau oleh kuli pelabuhan. Bak kut teh di Malaysia telah dimodifikasi dengan mengganti bahan dasarnya sehingga halal untuk kalangan Muslim. Bak kut teh biasanya dimakan bersama nasi putih, cakwe, dan teh tieguanyin.

  1. Ayam Pongteh

Ayam pongteh merupakan kuliner peranakan yang bisa dijumpai di Malaysia dan Singapura. Olahan ayam pongteh berbeda dengan ayam percik yang notabene menjadi kuliner khas Malaysia. Ayam pada sajian ini tidak hanya dihidangkan sendirian, tetapi ditemani potongan kentang dan jamur shitake sehingga bahannya lebih komplit dan mengenyangkan. Ayam pongteh mempunyai tampilan menyerupai semur ayam. Warna kuahnya cokelat kemerahan dan agak kental, sedangkan aromanya gurih menggugah selera. Sejatinya masakan pongteh menggunakan daging non-halal, tapi di Malaysia daging yang digunakan adalah daging ayam. Sajian khas negara Malaysia ini mempunyai cita rasa yang khas pada kuahnya karena penggunaan tauco yang dicampurkan saat dimasak. Ayam pongteh paling enak disantap bersama nasi putih.

Sudah pernah mencoba makanan yang mana? Nah, sekarang saatnya mencicip makanan lain yang belum pernah kamu temui.